Aksi Solidaritas Bela Palestina Lintas Agama dan umat akan digelar Di Renon Bali

Advertisement

www.domainesia.com

Aksi Solidaritas Bela Palestina Lintas Agama dan umat akan digelar Di Renon Bali

Kalingga
Kamis, 23 November 2023

 


Denpasar ( Bali) -- 

Kebiadan Israel terhadap rakyat Palestina terus memantik aksi solidaritas seluruh dunia.Bahkan aksi damai ribuan warga dunia bergelombang tak pernah berhenti memprotes tindakan keji Israel.Aksi yang sama rencananya akan di gelar di Bali pada  Sabtu (25/11/2023).



Dalam Aksi yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Bali,Baznas Bali serta Dewan Masjid Indonesia (DMI) Bali akan berlangsung di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar Bali mulai pukul 06.00 wita.



Menurut Ketua Pelaksana Aksi Bela Palestina  MUI Bali H. Agus Samijaya SH,MH aksi damai atas nama kemanusiaan rencananya akan dihadiri ribuan orang untuk menyampaikan solidaritas kepada rakyat Palestina.




"Aksi ini soal kemanusiaan bersifat terbuka untuk lintas Agama, suku dan ras  karena yang diusung adalah nilai nilai universal,"kata Agus Samijaya,Rabu (22/11/2023).




Advokat kenamaan ini juga mengatakan dalam aksi tersebut akan ada orasi dari tokoh masyarakat, MUI, Ketua DPRD Bali,Kepala Kantor Wilayah Kemenag Bali, Wali Kota Denpasar,Bupati Badung serta  PW NU Bali, PW Muhammadiyah Bali,  PHDI Bali, Walubi Bali, Matakin Bali dan PGI Bali.



"Aksi damai bela Palestina bukan hanya diikuti warga muslim, namun seluruh warga lintas agama di Bali akan ikut serta tanpa melihat suku dan agamanya,"ujar Agus yang juga pengacara senior ini.



Ia juga menilai bahwa yang terjadi di Gaza Palestina adalah masalah kemanusiaan bukan agama.



 Selain masjid banyak pula gereja dan rumah sakit yang hancur di bombardir Israel. 



Karena itu Agus meminta kepada masyarakat yang akan mengikuti aksi damai bela Palestina  untuk tidak membawa atribut partai dan lainnya kecuali bendera Merah Putih  dan bendera Palestina.



"Massa aksi diminta mengenakan pakaian putih polos dan jika ada mengenakan syal Palestina, dan Tidak lupa membawa kantong sampah untuk menjaga kebersihan saat dan sesudah aksi," Ucap Agus mengingatkan.



Agus Samijaya mengatakan, aksi damai yang akan digelar itu sejalan dengan kebijakan politik luar negeri Indonesia yang mendukung kemerdekaan Palestina.



Bahkan Presiden Joko Widodo dalam pernyataan resminya menyatakan akar konflik adalah pendudukan wilayah Palestina oleh Israel.


Karena itu penyelesaiannya  harus sesuai  dengan ketentuan yang disepakati oleh PBB. (TIM)