Albert Einstein: Jangan Menilai Ikan dari Caranya Memanjat Pohon

Advertisement

www.domainesia.com

Albert Einstein: Jangan Menilai Ikan dari Caranya Memanjat Pohon

Admin
Sabtu, 16 Maret 2024

Selamat datang di bulan Maret, itu artinya bulan ini adalah bulan kelahiran ayahmu yang akan memasuki usia 29 tahun. Kelahiran ayahmu memiliki tanggal lahir yang sama dengan tokoh besar fisikawan modern yang kesohor di mata dunia namanya Albert Einstein. Dia lahir pada tanggal 14 Maret tahun 1879 di Ulm, Jerman.


Bedanya, Albert Einstein adalah tokoh terkenal karena berhasil menemukan teori relativitas sedangkan ayahmu adalah manusia biasa yang masih mencari definisi hidupnya dan tentu, tidak terkenal. 


Namun percayalah, diantara kami memiliki kesamaan tentang bagaimana cara mencintai ilmu pengetahuan dan bahkan sama dalam hal kebiasaan mer*k*k meskipun beda dalam hal nasib dan jalan juangnya.


Jika kamu bertanya, apa pentingnya Einstein untuk kita ketahui? Ada salah satu kutipan Albert Einstein yang mengenang dan kamu wajib mengambil hikmahnya.


“Semua orang itu jenius. Tetapi jika Anda menilai ikan dengan kemampuannya untuk memanjat pohon, percayalah itu adalah bodoh.”  ~ Albert Einstein


Hari ini kamu hidup di Indonesia, menempuh pendidikan di Indonesia yang kurikulumnya setiap ganti pemimpin pasti ikut berganti juga.


Sejak ayahmu menjadi siswa dulu selalu dituntut dua belas mata pelajaran tuntas diatas angka rata-rata. Nilai Matematika, Fisika, Biologi tidak pernah lebih diatas angka 60 dan namun di mata pelajaran lain seperti Sosiologi, Sejarah, PKn selalu mendapatkan nilai tinggi.


Anehnya, ayahmu tetaplah dianggap terbelakang dan jauh dari kata keren karena persepsi umum orang Indonesia menganggap bahwa mata pelajaran Sains lebih dianggap penting daripada pelajaran Sejarah, PKn, Sosiologi, dan Agama.


Menurutmu apakah, hal itu benar ? Coba kamu kaitkan dengan kutipan dari tokoh kesohor yang sudah ayahmu ceritakan.